CATATAN SORE : Membangun Citra "Barang Dagangan " Yang Baru


  Pernah satu ketika saya merasa sangat aneh melihat pedagang mie tek tek di jalan kiaracondong yang begitu banyak pelangga nya, padahal kalo dilihat dari tampilan pedagang dan fasilitas dagangannya sekilas tidak ada yang istimewa, tapi pelanggan nya begitu berjubel  bahkan saya yang waktu itu penasaran coba membeli mie tek tek tersebut hampir 2,5 jam untuk mendapatkan nya, wew banget dah....
Pernah satu ketika, ada tukang mie tek tek serupa yang coba berdagang dekat mie tek tek yang rame tadi, mungkin si tukang mie tek –tek yang kedua ini memiliki jalan pikiran bahwa dia menunggu rebound pelanggan yg merasa bete harus menunggu lama mie tek-tek nya dibuatin, dan kebetean itu bisa membuat pelanggan itu pindah ke dagangannya. Tapi ia salah perhitungan, pelanggan tetap setia menunggu mie tek-tek di penjual yang pertama, dan malah menjadi pemandangan yang menggetirkan terjadi karena disana tampak terlihat ada dua tukang mie tek-tek yang satu penjual nya ngelamun sambil mainin hape dan yang satu sibuk melayani pembeli yang berjubel.

Kondisi diatas sering kita jumpai didunia perdagangan, mari kita bedah mengapa kondisi itu bisa terjadi dan bagaimana membuat usaha kita bisa seperti tukang mie tek-tek yang rame tadi.
Menjadikan produk yang kita ciptakan disukai oleh pasar bukan lah perkara yang gampang. Jangan pernah menganggap perkara itu sederhana, jangan terlalu banyak menonton atau membaca artikel-artikel yang dibuat oleh motivator yang tidak bertanggung jawab. Kita harus meyakini, bahwa hidup dan bertahan didunia itu adalah sulit, maka dengan keyakinan seperti itu anda akan menjadi orang yang disiplin dan keras pada diri anda sendiri. Ingat pepatah bijak yang mengatakan “ Keras lah pada diri anda, maka kehidupan dunia akan melunak kepada anda, tapi lunak pada diri anda maka siap-siap anda akan dihancurkan oleh dunia.”
Saya tidak akan berpanjang lebar lagi dalam memberikan tips dan triks jitu untuk membuat produk kita dicintai oleh pelanggan.
1.       Luruskan niat kita dalam berusaha, ingat visi misi kita diciptakan. Kita diciptakan bukan untuk menumpuk harta, bukan untuk menyenangkan orang, bukan untuk bersenang-senang. Kita diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah, maka niatkan usaha kita ini sebagai sarana dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Misalkan berdoalah kepada Allah SWT agar usaha kita lancar dan memiliki keuntungan yang banyak, agar dengan keuntungan itu kita juga bisa membantu orang-orang yang kurang beruntung dalam hal ekomomi.
2.       Jangan pernah memasarkan produk yang belum teruji kepada pelanggan, produk yang sudah dipasarkan harus lah teruji dengan baik dan tepat.
3.       Berikan promo yang bagus saat pertama kali anda membuka tempat dagangan anda, misalkan anda membayar sekitar 100 orang sebagai pembeli bayaran, sehingga seolah-olah tempat anda laku keras, itu akan mempengaruhi psicolohgy orang yang melihat sehingga merasa penasaran dan ingin juga membeli.
4.       Bikin iklan yang Fantastis tapi bisa anda jangkau harganya, misalkan anda akan berjualan baso, saat buka pertama kali anda bikin baligho yang besar dan tulis dibaligho itu “ BASO MAKMUR” BASO YANG TIDAK ADA DIMANAPUN KECUALI DITEMPAT INI, HARGA PER PORSI RP. 15.000.000,00 BISA DIANGSUR 3 BULAN. Iklan seperti itu akan memancing pembeli, karena mereka merasa penasaran kok sampai ada baso yang harganya 15jt.
5.       Dan yang paling terakhir, jika anda menggunakan pegawai di tempat anda berusaha perlakukan lah mereka dengan manusiawi terutama dalam hal salary-nya. Ingat pepatah bijak mengatakan, “kelangsungan hidup perusahaan bergantung pada kepuasaan pelanggan, dan kepuasan pelanggan hanya akan tercapai jika karyawan ditempat anda telah berhasil dibahagiakan”
Itu mungkin sekilas tentang Tips dan triks dalam melejitkan usaha yang baru dirintis. Kita akan sambung lagi di tulisan-tulisan saya yang selanjutnya.



Salam Sejahtera sampai ke Surga
 Husna Efsana, SE
-          Praktisi Pajak
-          Ketua Komunitas Mesjid Berdaya
-          Pembina Lembaga Survey Lingkar Nagrek Indonesia
-          Peneliti Ekonomi Syariah
-          100 Tokoh Muda paling berpengaruh di Asia tenggara Versi Majalah PIKIREUN UMAT (Belum terbit)

Komentar

Postingan Populer